Kurikulum
Kurikulum yang dipergunakan adalah 100 % Kurikulum Pesantren yang mencakup Ketahfizhan, Kitab Turats (kitab kuning), Kebahasaan dan Kedisiplinan. Sedangkan Kurikulum Diknas hanya diberikan khusus bagi santri yang mengikuti program Paket A, Paket B, atau Paket C. Adapun Proses pembelajaran inti di Pesantren ini adalah sebagai berikut :
No | Jenis Kegiatan | Waktu Pelaksanaan | Proses Kegiatan | Keterangan |
1 | Tahsin Tilawah
Al-Qur’an |
· Ba’da Shalat Shubuh
· Ba’da Shalat Zhuhur · Ba’da Shalat Ashar · Ba’da Shalat Maghrib · Ba’da Shalat Isya |
Ø Tahsin Mu’allam .
Fokus memperbaiki dan membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan metode Iqra/Yanbu’a. Dilaksanakan selama 3 bulan pertama masuk Ponpes. Durasi waktu 60-90 menit setiap pertemuan. |
Setiap santri baru/ pindahan akan di tes kemampuan baca Al-Qur’an.
Jika belum sesuai target maka dimulai dari dasar yaitu dengan metode Iqra/Yanbu’a |
Ø Tahsin Murottal.
Santri membaca Al-Qur’an dengan tartil dimulai dari Juz 30 lalu ke juz 1, 2 dan seterusnya. Dilaksanakan selama 3 bulan hingga ujian Tahsin |
Santri yang sudah lulus Ujian Tahsin Mu’allam dilanjut ke tahap berikutnya yaitu Tahsin Murottal dengan bacaan Tartil serta naghmah khusus. | |||
2 | Tahfizh
Al-Qur’an |
Ø Qabla shalat Shubuh
Ø Ba’da Shalat Shubuh Ø Ba’da Shalat Ashar Ø Ba’da Shalat Zhuhur Ø Ba’da Shalat Maghrib Ø Ba’da Shalat Isya |
Ø Ziyadah Tahfizh
Ø Muroja’ah Tahfizh Ø Tasmi’ Tahfizh Ø Ujian Tahfizh Ø Ujian Syahadah melalui Tasmi’ Tahfizh 10-20-30 juz sekali duduk bil Ghoib |
Fokus ziyadah (menambah hafalan) dan muraja’ah (mengulang hafalan), dilaksanakan 6 kali pertemuan setiap hari durasi waktu 60-90 menit setiap pertemuan, setelah program Tahsin. |
3 | Kitab Turats | Senin – Sabtu
(08.00-10.30) |
Ø Kelas I’dad
Khusus bagi santri pemula/dasar. Dilaksanakan selama satu tahun pendidikan. Ø Kelas Awal Khusus bagi santri lanjutan pada tahun ke-2 atau santri yang sudah memiliki dasar keagamaan. |
Fokus mempelajari dan memahami kitab klasikal, meliputi ; Fiqih, Tauhid, Akhlak, Nahwu-Sharaf yang disesuaikan dengan tingkat kemampuannya. Bobot waktu yang digunakan adalah 2 x 75 menit untuk 2 kitab turats. |
4 | Pengembangan Bahasa | Senin – Sabtu
(13.00-14.00) |
Ø Mufrodat
Ø Muhadatsah Ø Muhadharah lughah Ø Mahfuzhat
|
Fokus pembelajaran bahasa Arab Inggris dengan berbagai metode dan tehnik yang digunakan agar target bisa tercapai. |
Adapun program pengajarannya terlampir dalam Struktur Kurikulum Kepesantrenan 2019-2020, sedangkan Standar Isi setiap tahapan adalah sebagai berikut :
Mata Pelajaran Kepesantrenan Pada Jam Formal
No | Kelas/Tingkat | Fan Ilmu | Nama Kitab |
1 | I’dad (persiapan) | Aqidah/Tauhid | عقيدة العوام |
Fiqih | سفينة النجا | ||
Akhlak | تيسير الخلاق | ||
Sharaf | الأمثلة التصريفية | ||
Tajwid | التجويد | ||
1 | Awwal
(tingkat awal) |
Aqidah/Tauhid | تيجان الدرارى |
Fiqih | فتح القريب المجيب شرح تقريب | ||
Akhlak Santri | تعليم المتعلّم | ||
Tajwid | التجويد | ||
Hadits | الترغيب والترهيب | ||
Nahwu | الأجرومية | ||
Sharaf | الأمثلة التصريفية | ||
2 | Wasthy
(tingkat menengah) |
Aqidah/Tauhid | الجواهر الكلامية |
Fiqih | فتح المعين | ||
Akhlak Santri | تعليم المتعلم | ||
Tajwid | التجويد | ||
Hadits | بلوغ المرام | ||
Nahwu | عمريطى | ||
Sharaf | الأمثلة التصريفية | ||
3 | Ulya
(tingkat atas) |
Aqidah/Tauhid | سلم التوفيق |
Fiqih | فتح المعين | ||
Akhlak | تعليم المتعلم | ||
Nahwu-Sharaf | المتممة | ||
Ushul Fiqih | مبادى أولية | ||
Tajwid | التجويد | ||
4 | Pengembangan Bahasa | Mahfuzhat | المنتخبات فى المحفوظات |
Mufrodat | المفردات | ||
Conversation | المحادثات | ||
Publik Speaking | الخطابة |