An-Najah Taruna Insan Al-Quran

 

Kurikulum

Kurikulum yang dipergunakan adalah 100 % Kurikulum Pesantren yang mencakup Ketahfizhan, Kitab Turats (kitab kuning), Kebahasaan dan Kedisiplinan. Sedangkan Kurikulum Diknas hanya diberikan khusus bagi santri yang mengikuti program Paket A, Paket B, atau Paket C. Adapun Proses pembelajaran inti di Pesantren ini adalah sebagai berikut :

 

No Jenis Kegiatan Waktu Pelaksanaan Proses Kegiatan Keterangan
1 Tahsin Tilawah

Al-Qur’an

·    Ba’da Shalat Shubuh

·    Ba’da Shalat Zhuhur

·    Ba’da Shalat Ashar

·    Ba’da Shalat Maghrib

·    Ba’da Shalat Isya

Ø  Tahsin Mu’allam .

Fokus memperbaiki dan membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan metode Iqra/Yanbu’a.

Dilaksanakan selama 3 bulan pertama masuk Ponpes. Durasi waktu 60-90 menit setiap pertemuan.

Setiap santri baru/ pindahan akan di tes kemampuan baca Al-Qur’an.

Jika belum sesuai target maka dimulai dari dasar yaitu dengan metode Iqra/Yanbu’a

Ø  Tahsin Murottal.

Santri membaca Al-Qur’an dengan tartil dimulai dari Juz 30 lalu ke juz 1, 2 dan seterusnya. Dilaksanakan selama 3 bulan hingga ujian Tahsin

Santri yang sudah lulus Ujian Tahsin Mu’allam dilanjut ke tahap berikutnya yaitu Tahsin Murottal  dengan bacaan Tartil serta naghmah khusus.
2 Tahfizh

Al-Qur’an

Ø Qabla shalat Shubuh

Ø Ba’da Shalat Shubuh

Ø Ba’da Shalat Ashar

Ø Ba’da Shalat Zhuhur

Ø Ba’da Shalat Maghrib

Ø Ba’da Shalat Isya

Ø  Ziyadah Tahfizh

Ø  Muroja’ah Tahfizh

Ø  Tasmi’ Tahfizh

Ø  Ujian Tahfizh

Ø  Ujian Syahadah melalui Tasmi’ Tahfizh 10-20-30 juz sekali duduk bil Ghoib

Fokus ziyadah (menambah hafalan) dan muraja’ah (mengulang hafalan), dilaksanakan 6 kali pertemuan setiap hari durasi waktu 60-90 menit setiap pertemuan, setelah program Tahsin.
3 Kitab Turats Senin – Sabtu

(08.00-10.30)

Ø  Kelas I’dad

Khusus bagi santri pemula/dasar. Dilaksanakan selama satu tahun pendidikan.

Ø  Kelas Awal

Khusus bagi santri lanjutan pada tahun ke-2 atau santri yang sudah memiliki dasar keagamaan.

Fokus mempelajari dan memahami kitab klasikal, meliputi ; Fiqih, Tauhid, Akhlak, Nahwu-Sharaf yang disesuaikan dengan tingkat kemampuannya. Bobot waktu yang digunakan adalah 2 x 75 menit untuk 2 kitab turats.
4 Pengembangan Bahasa Senin – Sabtu

(13.00-14.00)

Ø  Mufrodat

Ø  Muhadatsah

Ø  Muhadharah lughah

Ø  Mahfuzhat

 

Fokus pembelajaran bahasa Arab Inggris dengan berbagai metode dan tehnik yang digunakan agar target bisa tercapai.

 

 

 

 

Adapun program pengajarannya terlampir dalam Struktur Kurikulum Kepesantrenan 2019-2020, sedangkan Standar Isi setiap tahapan adalah sebagai berikut :

Mata Pelajaran Kepesantrenan Pada Jam Formal

No Kelas/Tingkat Fan Ilmu Nama Kitab
1 I’dad (persiapan) Aqidah/Tauhid عقيدة العوام
Fiqih سفينة النجا
Akhlak تيسير الخلاق
Sharaf الأمثلة التصريفية
Tajwid التجويد
1 Awwal

(tingkat awal)

Aqidah/Tauhid تيجان الدرارى
Fiqih فتح القريب المجيب شرح تقريب
Akhlak Santri تعليم المتعلّم
Tajwid التجويد
Hadits الترغيب والترهيب
Nahwu الأجرومية
Sharaf الأمثلة التصريفية
2 Wasthy

(tingkat menengah)

Aqidah/Tauhid الجواهر الكلامية
Fiqih فتح المعين
Akhlak Santri تعليم المتعلم
Tajwid التجويد
Hadits بلوغ المرام
Nahwu عمريطى
Sharaf الأمثلة التصريفية
3 Ulya

(tingkat atas)

Aqidah/Tauhid سلم التوفيق
Fiqih فتح المعين
Akhlak تعليم المتعلم
Nahwu-Sharaf المتممة
Ushul Fiqih مبادى أولية
Tajwid التجويد
4 Pengembangan Bahasa Mahfuzhat المنتخبات فى المحفوظات
Mufrodat المفردات
Conversation المحادثات
Publik Speaking الخطابة